Saturday, September 24, 2011

Kunci Kemakmuran

Selama ini Bangsa Barat (Amerika Utara, Eropa, Australia) dikenal sebagai bangsa-bangsa yang termakmur di dunia. Niall Ferguson dalam presentasi TED ini mencoba mengungkap penyebabnya.

Menurutnya, kuncinya bukan ada di:
1. letak geografis (Jerman Barat vs Jerman Timur)
2. karakter bangsa (Korea Utara vs Korea Selatan)

tapi, kuncinya ada di hal-hal berikut ini:
1. Kompetisi
2. Revolusi ilmu pengetahuan
3. Hak kepemilikan tanah (properti)
4. Obat-obatan modern
5. Masyarakat konsumen
6. Etos kerja

Terus terang banyak yang saya kurang sreg dengan presentasi Niall Fergusen ini.Misalnya poinnya bahwa imperialisme tidak berpengaruh banyak terhadap kemajuan bangsa berat. Kita sebagai bangsa yang mengalami penjajahan tentu mengerti benar betapa banyak kita telah dirampok.

Walau begitu, kunci-kunci yang disebutkan Fergusen memang benar telah banyak menyumbang kemajuan dan kemakmuran bangsa barat. Tidak ada salahnya kita belajar juga dari hal ini. Tidak ada salahnya menjadi makmur kan?

Di akhir presentasi, Fergusen menunjukkan fakta yang menarik: sekarang perbedaan kemakmuran antara bangsa Asia (yang dimotori oleh Cina, India dan Korea, kapan Indonesiaa~) semakin sempit. Diyakini bahwa dalam jangka waktu hidup kita, pergeseran kekuasaan dunia akan terjadi. Menarik! Seperti yang sudah sering saya bilang: we live in a very interesting era! ;)

Taufiq-yangberusahanulistiaphariuntukmelatihdayaanalsis.













No comments: