Saturday, September 10, 2011

Ide Startup: Pancakaki

Melihat foto-foto lebaran tahun ini (karena tidak mudik jadi hanya bisa melihat foto saja, huhu) saya jadi sadar betapa besar keluarga saya. Padahal itu baru dari pihak ayah saja. Ternyata, banyak wajah-wajah yang saya tidak kenali, terutama sepupu-sepupu dan ponakan baru yang masih kecil. Ups.

Saya pikir banyak orang Indonesia yang merasa seperti saya. Jadi terpikir, bagaimana kalau ada sebuah website di internet yang bisa fasilitas untuk menyusun silsilah keluarga. Bayangan awalnya bisa seperti myheritage.com , tapi disesuaikan dengan keadaan orang Indonesia. Misalnya, aturan nama keluarga yang beragam (ada marga, klan, nama dengan satu kata) dsb. Tapi yang paling saya inginkan adalah fitur untuk berbagi silsilah keluarga yang dibuat dengan orang lain dengan mudah. Mungkin bisa seperti cara berbagi GoogleDocs, dimana semua orang yang tahu linknya dapat mengedit.

Oke, sekian ide dari saya. Seperti biasa, kalau ada yang ingin mengaplikasikan monggo. Kalau saya mengaplikasikan ide ini, akan saya beri nama pancakaki.com!

3 comments:

RiefkAulia said...

wah baru tau kalo ada myheritage.com :D
awalnya aku malah tau yg www.ancestry.com, mas :) tapi yg ini lebih spesifik n ribet lagi,sih.
daripada nunggu ada yg buat web-nya buruan buat sendiri aja,mas. ato kalo udah "kebelet" pengen tau silsilah keluarga...ortu kasih tugas suruh tulis siapa aja nenek moyang mereka. hehehe..
Salam :)

Sapilieur said...

hayu lah, saya hyga ada ide sekalian pancakaki dibikin list inventori(daftar warisan dll) hehehe
contoh ada dulur yang kuliahnya sama, kan bisa minjem buku ke saudaranya ,,,
atau ada yang punya motor ga kepake, kan bisa dipinjem,

prinsipnya nulung kanu butuh nalang kanu susah

piqs said...

@Riefka
Buat sendiri? ahahah, saya teknisnya ga bisa euy. Belum ada waktunya buat belajar

@Sapilieur
Wogh, alus tah. Nulung kanu butuh nalang kanu susah