Thursday, May 05, 2011

Evaluasi Paragraf

Hai2! Jumpa lagi dengan saya di WaruBlog English Corner :D.

Oke, jadi misalkan kamu sudah membuat sebuah paragraf. Tentu sudah oke dong menurut kamu? Hoho, mari kita cek lagi secara sistematis.

Oh, sebelum mulai, saya ingin berbagi sesuatu yang dosen saya katakan di kelas technical writing saya: belajar menulis teknis itu berbeda dengan belajar grammar! Tujuan belajar grammar adalah,, well,, mempelajari grammar yang benar sebanyak-banyaknya (duh!), sedangkan tujuan belajar menulis teknis adalah, mempelajari langkah-langkah sistematis untuk menulis teknis. Kadang-kadang dalam technical writing, tidak apa-apa menulis dengan grammar yang tidak 100% legal. Yang penting clear dan concise!

Ok, back to topic. Langkah-langkah untuk mengevaluasi paragraf yang dibuat adalah:

1. Perhatikan struktur paragrafnya.
Apa tujuan paragraf yang ditulis? Apakah jenis paragrafnya, apakah paragraf deskripsi, sebab-akibat? Cek juga logika antar kalimatnya. Misalkan, kalau menulis dengan pola umum -> khusus, pastikan urutannya benar.

2. Cek soal pengulangan "noun" alias Noun Repetition (NR)
Kita sering mengulang2 suatu "konsep kata benda" atau "noun concept" dalam satu paragraf dengan kata yang berbeda-beda. Pastikan perbedaan ini tidak membingungkan pembaca. Untuk noun concept yang kompleks, misalkan yang berupa frasa yang panjang, tidak perlu disebutkan secara lengkap bila ingin diulang. Hal tersebut malah akan membingungkan pembaca. Misal:
The all new Mercedes car which can go 0-60 mph in 3 seconds is very attractive. The car was introduced in Bandung International Motorshow last week.

3. Terakhir, baru cek dengan 4 aturan yang disebutkan pada post pertama.

Urutan pengecekannya harus seperti itu. Percuma bila kita mencoba memperbaiki pargraf menggunakan 4 aturan kalau logika paragrafnya ngaco. Jadi jangan dibalik2 yak!

Bonus tips:
Kata "respectively" hanya digunakan untuk menjelaskan hubungan antara dua daftar noun dengan jumlah item yang sama. Misal: The composition of sugar, flour, and air within this snack are 10%, 20%, and 70% respectively. Selain untuk fungsi tersebut, jangan gunakan kata respectively, ok ;)

Ok, sekian dari saya, semoga bermanfaat. Sampai jumpa di episode berikutnya :D

p.s. ya ya, saya masih utang janji untuk menerangkan soal 4 aturan dengan detail. Saya masih mencari cara yang pas untuk menerangkannya dalam bahasa Indonesia. Sulit ternyata.

3 comments:

Anonymous said...

nice pik,,teruskan!!

piqs said...

Siap!

Anonymous said...

heii,, itu snack angin doang,, ;)