Thursday, May 12, 2011

Null Hypothesis

Yak, episode keempat tentang Null Hypothesis (NH) inilah sebenarnya tujuan saya dalam menulis posting tentang unreal 'if' yang lalu. Untuk menerangkannya, saya akan mencontek hidup-hidup cara profesor saya menerangkan di kelas. Keren deh!

Ok, semua pada tahu kan game bawaan MS Windows yang namanya minesweeper? Minesweeper ini aturannya berdasarkan logika sederhana, cocok buat menerangkan NH. Apa? Belum tahu cara mainnya? ckckck, mau jadi apa kamu nak, hehe. Silahkan lihat aturannya di sini.

Sekarang, misal untuk kasus Gambar 1, di mana diketahui terdapat dua ranjau.


Gambar 1. Kondisi Minesweeper

Buat yang mengaku sering maen, pasti tahu dong ranjaunya di sebelah mana. Belum tahu? Oke, saya beri kesempatan..





sudah?





Ah terlalu lama! Jawabannya: ada di kotak a dan c. Belum mengerti juga? hadooh. Jadi, ada tiga kondisi yang harus dipenuhi dalam situasi Gambar 1:
1. Ada tepat 1 ranjau yang bertetangga dengan kotak d
2. Ada tepat 2 ranjau yang bertetangga dengan kotak e
3. Ada tepat 1 ranjau yang bertetangga dengan kotak f
Sudah paham? bagus2 :p.

Sekarang bisakah kalau anda diminta untuk menerangkan kenapa ranjaunya ada di kotak a dan c?

Memang ada berbagai cara, tapi cara termudah adalah dengan menerangkan bahwa tidak ada ranjau di kotak b. Pertama, kita susun hipotesis bahwa ada ranjau di kotak b. Kemudian kita uji hipotesis tersebut. Setelah diuji, ternyata hipotesis kita salah. Artinya, tidak ada ranjau di kotak b. Maka, ranjau ada di kotak a dan c!

Metoda yang digunakan tersebutlah yang dinamakan dengan NH. Yaitu menyusun hipotesis, katakan hipotesis A, dan melakukan eksperimen untuk membuktikan bahwa hipotesis A adalah salah. Maka yang benar adalah hipotesis bukan A! Jadi, sejak dahulu sekali para ilmuwan menyadari bahwa jauh lebih mudah membuktikan bahwa sesuatu itu salah daripada membuktikan bahwa sesuatu itu benar. Memang, nyalah-nyalahin itu memang paling gampang!

Kembali ke kasus minesweeper tadi, di bawah ini adalah jawaban yang diberikan oleh profesor saya di kelas. Perhatikan bagaimana unreal if dipakai dalam NH. Jawaban saya sendiri masih jauh lebih panjang dan tidak efektif, malu kalau dipajang, hehe. Ok, silahkan disimak, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di episode berikutnya! ;)

If b were a mine, either a or c would also be a mine. However, if a and b were mines, the first condition would be violated. Likewise, if b and c were mines, the third condition would be violated. Therefore, b can not be a mine. So the correct solution is a and c.



clear and concise!

1 comment:

Anonymous said...

ada sesuatu disini yg bikin saya ngakak~