Tuesday, June 22, 2010

Note-Worthy Blog: Seth Godin

Sudah seminggu ini ada satu buah blog baru yang jadi supplier feed reader saya. Yak, blog dari Seth Godin ini sekarang menjadi santapan sehari-hari saya, (mmm). Plus lagi, profile picturenya kocak, hehehe:

Blog ini membahas ide-idenya yang saya anggap menarik, tentang bisnis dan self-development. Idenya yang utama adalah bahwa penghambat utama seseorang untuk maju adalah rasa takut. Dia mengungkapkan bahwa penelitian ilmiah mengatakan, ada bagian otak tertentu yang mengendalikan rasa takut ini. Bagian ini ditemukan sama persis di otak reptil, maka dia menyebutnya the lizard brain.

Kenapa ada rasa takut? Rasa takut mencegah kita memasuki keadaan bahaya. Takut tempat tinggi mencegah kita jatuh. Takut kegelapan mencegah kita diserang dalam gelap. Takut ular mencegah kita digigit ular, dan seterusnya dan seterusnya.

Sayangnya di jaman sekarang ini seringkali rasa takut kita menjadi kurang beralasan. Coba dipikir lagi soal takut-takut berikut ini: Takut ditertawakan karena mengajukan usul; takut dijauhi bila berpendapat berbeda; takut pidato di depan umum; takut melamar gadis yang disukai *ahem, ga maksud nyindir lho*; takut punya cita-cita, dan buanyak lagi. Sama sih, dengan menuruti takut ini kita akan menjadi terhindar dari yang ditakuti. Aman, safe. Tapi, takut yang begini membuat kita kehilangan banyak kesempatan. Hari gini, safe is not safe at all.

Nah kawan, jadi lain kali kalau merasa takut, sadari bahwa that's our lizard brain talking. Pikir lagi, masuk ke takut yang manakah itu?

ps. gw ngga crosscheck penelitian ttg lizard brain. pokoke filosofinya bagus lah :P

2 comments:

ikazain said...

" takut melamar gadis yang disukai *ahem, ga maksud nyindir lho*; "

_Itu menyindir siapa Piq? Hihihi.

piqs said...

Hahaha, buat yang merasa tersindir aja Ka