Saturday, September 30, 2006

HR Management, Part 1

Sebuah cerita dari kelas manajemen..
(knapa klas manajemen, karena kalo gw cerita kelas fisika kuantum dan nano gw, terlalu menyeramkan!! hwehe)


Jack Welch, saat menjabat sebagai direktur GE, membagi para pegawainya menjadi 3 golongan. Yang berkinerja baik, sedang dan buruk. Kemudian, dia memaksa para manajernya untuk mengeluarkan 10% dari bawahan mereka yang dinilai berkinerja buruk, tiap tahun. Dengan demikian, perusahaan dapat mencari tenaga-tenaga segar yang baru dan mengurangi beban perusahaan.

Seorang rekan kemudian bertanya, "Pak, apakah itu tidak terlalu kejam? Mereka kan juga punya keluarga yang harus dihidupi?"

Sang pengajar, yang merupakan seorang alumni, kini menjabat sebagai salah satu staf direksi di Ceres (itu loh.. meyses!), menjawab bahwa saat ini ada, walaupun sedikit, perusahaan yang memperhatikan aspek sosial, dengan CSR, Employee Relation, dsb.

hmm, kalau gw, secara tegas akan menjawab, itu tidak kejam! (beuh, dingin banget gw yak!) Kenapa? Sebab, (sebagaimana gw pernah membaca tulisan Jack Welch) bila perusahaan memilih bersikap "baik" dan membiarkan orang-orang yang menjadi "beban" perusahaan, maka suatu saat perusahaan akan memngalami kesulutan dan "dipaksa" untuk mengurangi jumlah pegawainya. Saat hal itu terjadi, orang-orang yang menjadi "beban" inilah target pertamanya. Bayangkan, suatu saat Bos memanggil kamu, (misalkan kamu ni orang yang ga produktif, kan misalkaan). "Don (atau masukkan nama kamu di sini), maaf, tapi kamu harus keluar dari sini". Kamu kemudian berekasi "Apa? Kenapa saya? Saya sudah lebih dari 20 tahun bekerja di sini dan tidak ada masalah!" (ngga ada masalah ndasmu!). Akhirnya kamu, dengan beban keluarga yang harus dinafkahi, dan usia yang beranjak senja (halah, mungkin sekitar 45 ato 50 gituu), terpaksa memasuki pasar lapangan kerja yang amat sangat keras itu. Naaaah, itu baru KEJAM! Coba kalo hal itu dilakukan 10 atau 15 tahun lalu, mungkin kamu masih bisa banting setir dan mencoba sesuatu yang baru, betul?



... bersambung, bagian pertama dari 2 tulisan (seakan-akan di koran-koran)

No comments: