Friday, March 05, 2010

3 IDIOTS - Aal Izz Well!

Oke, udah lama gw ngga ngereview film, but this one IS A MUST SEE MOVIE!

CHOOSE EXCELLENCE - SUCCESS WILL FOLLOW

Film India? Mungkin kalian pada naikin sebelah alis (eh, pada bisa ngga?) Oke, gw tau persepsi film India penuh dengan adegan-adegan lebay pleus nyanyian dengan sejuta orang penari latar. Nah, di film ini, teteup ada dong pastinya! hehehe. Tapiii, ah, pokoknya tonton deh, gak akan nyesel! *menghindar dari lemparan*

Yak, jadi alkisah di India, orang-orang menganggap pekerjaan insinyur dan dokter itu pekerjaan yang bergengsi. Pokoknya, cita-cita orang tua, kalo anaknya cowo jadi insinyur! Kalo cewe, jadi dokter! Setting di mulai dari tiga orang yang berkumpul 10 tahun sejak masa kuliah mereka di kampus mereka kembali, untuk membuktikan siapa yang paling sukses di antara mereka. Satu orang menghilang, dan dimulailah flashback masa2 kuliah mereka

Kampus mereka adalah kampus engineering paling Te O Pe di India. Sejak baru masuk, mereka sudah diberitahu bahwa mereka adalah murid-murid pilihan, yang paling sudah menyisihkan buanyak orang untuk bisa masuk ke sana. Dan bahwa kehidupan di kampus adalah perlombaan, dengan persaingan yang ketat! #Ohoho, teringat sesuatukah, wahai para alumnus Universitas Gajah Duduk? :P

Para mahasiswa baru pun "disambut" oleh para senior. Ohoho, OSPEK saudara-saudara! Tapi ada satu orang mahasiswa baru yang berani menantang. Namanya Rancho, tokoh utama film ini. Dia kemudian berteman dengan Farhan, mahasiswa yang hobi fotografi, tapi terpaksa masuk sekolah teknik untuk memenuhi harapan orang tuanya. Geng ini menjadi lengkap oleh Raju. Raju menjadi tumpuan masa depan keluarganya, dengan ayahnya yang lumpuh, adik perempuannya yang harus membayar biaya pernikahan, dan ibunya yang sudah tua menjadi penopang kehidupan. Kalo kata Rancho "Rumah Raju seperti film hitam putih tahun 50an" Smart jokes!

Geng ini mendapat julukan "idiot" dari para dosen, terutama direktur kampus yang super killer bernama VIRUS. Geng 3 Idiots ini membuat banyak masalah di kampus. Mereka juga hobi mengisengi Chatur, tokoh mahasiswa antagonis yang oportunis, individualis, dan sangat nilai-oriented. Ditambah lagi ada tokoh Pia, mahasiswa kedokteran nan cantik jelita, putri sang direktur. Kareena Kapoor bo! Komplit sudah! kakakak

Bagaimanakah perjuangan mereka menyelesaikan kuliah? Bagaimana pula nasib masing-masing tokoh 10 tahun kemudian? Makanya, tonton filmnyaa! Oh, ada satu misteri yang baru akan terungkap di masa 10 tahun kemudian. Bonus yang bagus!

Okeh, saatnya merenung dikit. Uwaw! India udah bisa bikin film bagus2 yaa. Setelah sebelumnya gw nonton My Name Is Khan yang mengharukan. Haduh, film Indonesia apa kabaaar? *tuntut orang aja teruus*. Terus gw liat di film ini, para orang tua percaya bahwa pendidikan itu sangat penting, dan mereka bersedia berkorban segalanya untuk pendidikan anak mereka. Ah, naiiis! Terakhir, gw denger dari dosen gw minat anak-anak sekarang untuk jadi insinyur cenderung susah. Alasan yang jamak didengar: sekolah teknik susah! Aaah, Come On! Kalo mau jadi orang hebat ya ngga bisa bergampang-gampang, dan itu ngga berlaku untuk jadi insinyur aja lho, apapun! Kuncinya, seperti pesan film ini: Find Your Passion! kalo udah ketemu, niscaya hujan badai pun pasti ditembus deeeh! Gw sendiri masih nyari2 apa passion gw sekarang.

Oke, ayoh, rame-rame tonton filmnya. Tersedia di Blitz Megaplex, ngga ada di 21. Shame on you 21 Cineplex! mwahha. Tapi sayangnya belom masuk Bandung euy :(

Nilai gw: 10/10! Pertama kali lho gw kasih nilai ini :D

*dan gw masih penasaran gimana rasanya joget2 di drum. Dicari: 2 orang partner!

Poster: Yahoo! India Movies

6 comments:

smangka said...

mau nuntuuuun.....

Rani said...

tahun lalu ada juga film india yg bagus, slumdog millionaire. dapet oscar lho!

hmm, find your passion itu ga segampang yg diomongin. dari awal, kita udah diplot untuk mengikuti suatu sistem yang ya..kira2 samalah sama di india itu.

pertanyaan besarnya adalah how? bagaimana menemukan passion? apa kita harus mencoba semua hal? sampai kapan akan mencoba?

gemesnya sama film ini, orang seperti rancho itu one in a million! dan orang seperti chatur ada billion! jadinya membuat film ini tampak berjarak dgn kenyataan...

piqs said...

@semangka
Udah nonton kaan? Bagus kaan??

@beck
Slumdog? ntah ya, gw ngga nganggep slumdog millionaire itu bagus. Overrated gw bilang, hehe. Jay Ho!

How? Wah, jangan tanya saya. Kalo saya tau caranya pasti saya udah nemu. XD. Mungkin seperti kata orang ya. "I found it because I looked for it." Atau,, sama aja kayak nanya, gimana sih cara nyari jodoh? Tapi kalo jodoh mah orang bilang jorok ya hahaha. Ntah deh

Tapi yang jelas, saya percaya kalo suatu saat saya bisa menemukannya, something I meant to do. Abis, bayanginnya. 5 hari seminggu, 8 jam sehari, untuk sesuatu yang ngga kita nikmati? Selama puluhan tahun pula?? *pingsan*

Yaa, ngga perlu jadi kek Rancho lah. Jadi Raju or Farhan juga Oke, udah three in a million tuh :p. Hehe, seriously, menurut saya cukup banyak kok orang yang menemukan passionnya. Walaupun kalo diukur dari skala "kesuksesan" mungkin ngga bombastis.

Soal passion ini mungkin lebih terlihat di dunia yang "tidak konvensional", seperti olahraga dan seni misalnya. Para atlet dan seniman umumnya menikmati pekerjaannya, karena mereka berangkat dari kesukaan mereka terhadap dunia tersebut. Padahal kalo diliat2 mereka jam kerjanya gila2an loh!

Saya pribadi pernah ketemu beberapa orang yang sudah menemukan passion mereka. Mereka berbicara soal pekerjaan mereka dengan mata yang berbinar-binar, seperti anak kecil menceritakan episode serial kesayangannya. Padahal belum ngomongin soal duitnya lho! Aaah! Iribangetdotcom!

Wuih, kok panjang ya? Hmm,, sayang kalo cuma jadi komen. Ntar gw jadiin posting sendiri ah!

Agni Giani said...

cape deeeh baca komen yg diatas gw ini... okeh gw akan donlot pelmnya. secara 21 aja kaga apdet apalagi ada blitz! SHAMEEE balikpapan! :D

mau buktiin 10/10 nya km pik. nice review btw ;)

piqs said...

@ Agni
Gimana-gimana? bagus kaaan??

naze said...

Ini passion-ku.
Mana passion-mu?