Monday, July 25, 2011

Kirim Barang dari Korea

Suatu hari, seorang rekan mengirimkan email berikut ke milis PERPIKA:

Apa kabar?
sy mau tanya apa ada yg punya rekomendasi untuk jasa kirim barang dlm jumlah besar ke Indonesia yg murah? tidak terlalu cepat juga tdk apa2. Selama ini saya kirim paket pakai EMS memang sampai ke indonesia kurang lebih seminggu. Tapi 1-2 kg saja sudah 30 rb won. Sy berencana mau mengirim buku2 n barang2 yg cukup banyak termasuk buku2. Pasti jauuuh lebih berat daripada paket tsb. mohon pencerahanya.

Tak beberapa lama kemudian, wuih, berbondong2 balasan muncul dari teman-teman yang lain, sampai akhirnya problem solved! masalah terselesaikan! Nah, saya pikir, sayang banget nih kalau kumpulan email ini terkubur begitu jadi. Oleh karena itu, saya kemudian berinisiatif sedemikian sehingga tercipta lah intis sari dari percakapan milis tersebut, seperti tercantum di bawah:

1. Untuk kiriman cepat bisa dengan Express Mail Service. Hanya saja biayanya mahal. Kirim 1-2 kg saja sudah KRW 30 ribu

2. Bila waktu leluasa, bisa dikirim lewat laut. Namanya Surface Parcel. Untuk biaya bisa dilihat di website pos korea. Indonesia masuk zona 2. Menurut pengamalan beberapa orang, barang akan sampai dalam 1-2 bulan.

3. Di Indonesia, barang akan diantarkan ke rumah asal alamat tujuan jelas. Lebih baik dilengkapi juga dengan nomor telepon. Pengalaman dikenakan sejumlah biaya per box (berkisar Rp. 10 ribu). Tetapi ada juga yang pengalaman resinya diantar ke rumah dan diminta untuk di ambil di kantor pos.

4. Untuk meminimalisir resiko kehilangan barang, cantumkan daftar barang yang dikirim beserta kuantitasnya sedetail mungkin. Tempelkan pada boxnya dan lakban bening, agar terlindungi dan tidak mudah dilepas.

5. Untuk lebih menjaminkan dan melancarkan administrasi di Indonesia, bisa minta surat pengantar dari kedutaan. Kopi suratnya disertakan dalam pengiriman. Contoh suratnya seperti ini:


Sekian info yang berhasil saya kumpulkan. Belum pernah saya coba sih, tapi moga2 bisa ada gunanya nanti.

Oh, sekarang hari pertama puasa! Selamat berpuasa bagi yang menjalankan, semoga bulan ini membuat kita menjadi lebih baik dan tergolong orang2 yang mendapat kemenangan. Mohon maaf kalau ada salah ya.

18 comments:

Anonymous said...

salam kenal mas,

saya Adin dari Cheongju. Bermanfaat sekali infonya.

Kalau boleh tahu, surat keterangan dari kedutaan itu, cara menggunakannya gimana yah? nanti pas ngambil barangnya atau gimana?

Terus yang surface parcel itu sampainya berapa lama yah? makasih atas pencerahannya.

piqs said...

Salam kenal juga adin.

Sepertinya surat dari kedutaan dikirimkan dengan parselnya. Kopinya saja yang dikirimkan, supaya parselnya tak diutik2. Ada beberapa orang yang pengalaman parselnya diutik2, tapi ada juga yang aman2 saja.

Kalau dengan surface parcel, barang akan sampai dalam 1-2 bulan, tergantung posisi di Indonesia.

Tks pertanyaannya, postingan saya update.

rara said...

salam kenal mas
saya dari jakarta :)
kalo kita dikirimin barang dari korea, itu kita harus bayar bea cukai juga gak sih di indo?

misalnya kita dibeliin barang disana, itu dicek juga ya isinya?

piqs said...

Halo rara. Wah, saya sendiri belum pernah mengirim. Tapi menurut pengalaman teman ada yang dicek, ada yang tidak. Soal bea cukai saya juga kurang tahu. Maaf tidak bisa banyak membantu ya.

piqs said...

Halo rara. Wah, saya sendiri belum pernah mengirim. Tapi menurut pengalaman teman ada yang dicek, ada yang tidak. Soal bea cukai saya juga kurang tahu. Maaf tidak bisa banyak membantu ya.

Aida Fitriyani said...

salam kenal, saya tinggal di daejeon. infonya bermanfaat sekali.mau tanya menurut pengalaman anda kirim barang lewat laut,bgmn kalau diantara barang2 yang dibox itu ada salah satu or beberapa barang yang baru dibeli,apakah terkena biaya cas barang baru?tktnya mereka akan membongkarnya dan melihat barangnya? (ini dalam konteks box sudah ada surat dari kedutaan dan sudah ditulis detail isinya).dan apakah mereka akan tetap membongkar box meskipun sudah ada surat kedutaan? lalu bagaimana jika didalamnya ada barang berbahan logam,beling dan elektronik, apakah boleh dikirim jg?
Thanks buat infonya.

solatjumat said...

jauh lebih murha yang laut ya
thanks infonya mas

mountain golf course said...

mas, kalo barangnya barang pribadi, perlu ada surat juga?
thanks for sharing

Anonymous said...

apakah kalau pakai surface parcel, barang nya bisa di track ? apakah aman ya

Rizky Tri Utomo said...

salam kenal kang piqs, saya memiliki saudara yg tinggal di gangneung dalam beberapa bulan krna sedang dlm program pertukaran pelajar
setelah beberapa lama ia menawari saya handphone yg terbilang cukup murah harganya ketimbang beli didlm negeri tetapi karena dia baru kembali lama jdi saya memutuskan ingin memakai jasa pengiriman brg. menurut kang piqs apakah barang yg akan dikirim pasti terkena bea cukai atau kang piqs memliki cara agar tdk terkena pajak, dan apakah ems dpt menerima kiriman dgn dimensi seukuran hp?
Terima Kasih atas penjelasannya

Unknown said...

Kalo elektronik aman ga ya Min

Unknown said...

Jasa pengiriman utk paket bekisar 1 kg dari korea ke indo yg murah apa ya mas? Tapi yg jangka waktu sampainya itu tidak lebih dari sebulan mas. Mohon bantuannya ya..

Unknown said...

Jasa pengiriman utk paket bekisar 1 kg dari korea ke indo yg murah apa ya mas? Tapi yg jangka waktu sampainya itu tidak lebih dari sebulan mas. Mohon bantuannya ya..

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Mau tanya gan.. klo kirim hp dari korea ke Hongkong itu lewat apa gan.. krn lwt pos di tolak gan.. makasih

Unknown said...

Mau tanya gan klo mau kirim hp dari korea ke hongkong tu bgaimana

Unknown said...

Dari hongkong ke indo lewat apa ya mau kirim handphone

Unknown said...

ĸιrιм darι ĸorea мe нongĸong вιѕa gaĸ??