Wednesday, March 11, 2009

Indonesia 2035 - Pendahuluan

Hum, sudah lama saya tidak menulis dalam bahasa Indonesia, jadi sekarang, nulis ah!

Saya ingin berbagi tentang visi saya tentang Indonesia tahun 2035. Pertama, kenapa perlu sebuah visi? Terus terang ini cuma untuk membantu saya saja dalam merencanakan hidup. Dalam melihat sebuah masalah, saya cenderung melihat gambaran besarnya, kemudian baru mengisi detail2 kecil yang diperlukan. Haha, ini kadang menjadi suatu masalah, karena sering kali saya terlalu asyik membayangkan kemana-mana, dan malah jadi gak beranjak kemana-mana, hehe. Katanya sih saya seorang visual-spatial learner. Semoga dengan menuliskan hasil "penerawangan" saya, bisa bikin saya lebih mudah untuk merumuskan bagaimana supaya visi saya itu bisa terwujud. Seperti orang bilang, devil is in the detail, jadi mari kita mulai saja! :D

Pertama, kenapa tahun 2035? Karena pada tahun itu saya berusia 48 tahun. Saya rasa pada usia itu saya sudah pantas untuk melihat ke belakang, dan berkata.. hoo.. ini toh yang sudah saya lakukan. Ya, saya berencana untuk menjadikan usia itu sebagai patokan keberhasilan hidup saya ini. Walau tentu saja itu semua tergantung Yang Maha Kuasa. Tidak, saya tidak berencana untuk pensiun pada usia itu. Terus terang, belum terbayang oleh saya bagaimana saya akan pensiun. (ups, mulai kemana-mana nih :p). Yang jelas, pada usia itu saya bayangkan saya sudah menghabiskan usia "prima" saya, sehingga hasil karya terbaik saya seharusnya sudah bisa dilihat. Setelah lewat masa itu, apa boleh buat, sisa tenaga aja deh :p.

Jadi, visi saya untuk Indonesia 2035 adalaaah:
mampu memenuhi kebutuhan energinya secara mandiri, dengan porsi energi terbarukan lebih dari 10%!

bisakah? realistiskah? hum,, saya masih harus banyak cari tahu. Target ini bakal sering direvisi, seiring perjalanan saya mencapainya. so, stay tuned guys!

2 comments:

Astrid said...

hihihi:D


aamiin!:)

Roberto Edward said...

ga ngerti....