Friday, July 06, 2012

Tutorial: Mencari Jalur Transportasi dengan Naver

Mesin pencari Naver bisa digunakan untuk mencari arah seperti GoogleMaps. Untuk daerah di Korea, arah yang diberikan lengkap dengan petunjuk bus untuk ke sana. Kelemahannya adalah kita harus menggunakan bahasa Korea.

Caranya (klik gambar untuk memperbesar):
1. Buka website naver: http://www.naver.com/
2. Ketikkan "길찾기" (=arah) di kotak pencarian, lalu tekan enter
3. Naver akan membuka halaman pencarian arahnya, seperti terlihat pada gambar. Terdapat dua kolom untuk memasukkan, asal di kolom di sebelah kiri dan tujuan di sebelah kanan.

4. Masukkan tempat keberangkatan dalam bahasa Korea ke kolom 출발지 (=asal) di sebelah kiri dalam bahasa Korea. Misalnya 포항공대 (=Postech). Nanti akan muncul pilihan yang berkaitan dengan tempat yang dimasukkan.
5. Masukkan tempat tujuan dalam bahasa Korea ke kolom 도착지 (=tujuan) di sebelah kiri kanan, juga dalam bahasa Korea. Misalnya 죽도시장 (=Pasar Jukdo). Pilih juga dari pilihan yang muncul.
6. Klik tombol di bawah kolom untuk moda transportasi yang dikehendaki, dari kiri ke kanan:  자동차 (mobil), 버스/지하철 (bus/subway), 자전거 (sepeda),  도보 (jalan kaki).
7. Akan muncul rute yang tersedia, juga pilihan rute alternatif, seperti pada gambar
8. Tersedia juga fitur untuk melihat suasana jalan (mirip fitur StreetView Google). Klik tombol 거리뷰(roadview) di sebelah kanan gambar di atas, lalu klik pada ruas jalan yang terlihat dalam peta. Akan muncul panorama jalan yang dipilih. Pengguna lalu dapat menggunakan panah navigasi untuk menyusuri dan melihat suasana sekeliling jalan. Gambar di bawah memperlihatkan suasan jalan di depan Pasar Jukdo.



Demikian, semoga bermanfaat!

No comments: